Sarang Semut

Posted by

Sarang Semut adalah sebuah istilah yang dipakai oleh orang Indonesia untuk menyebut tamanan genus myrmecodia, suatu genus tanaman mirmekofita epifit yang berasal dari Asia Tenggara dan kepulauan besar yang terbentang sampai Queensland, Australia.

Disebut sarang semut karena umbi tempat menyimpan makanan dan minuman dari tanaman bunga ini , mirip sekali dengan sarang semut  yang dari luar terlihat seperti sarang lebah. 

Konon sarang semut memiliki khasiat yang cukup banyak , dimana ia bisa mengobati berbagai macam penyakit, namun masih perlu dikonsultasikan dengan dokter specialis terdekat , karena dikhawatirkan tanaman obat ini memiliki khasiat yang lain atau bahkan bisa memperparah penyakit yang anda derita. 

Papua dan kalimantan adalah produsen terbesar dari tanaman obat ini di indonesia dan kehadirannya sebagai obat pun sudah dalam bentuk kemasan meskipun masih belum dijual bebas dipasaran, hal ini mungkin karena stock atau persediaan dari obat sarang semut yang terbatas. 

Sarang semut adalah obat herbal alami yang merupakan produk asli dari papua dan keberadaannya sudah dipercaya secara turun temurun disana, namun baru beberapa tahun ini menyebar keseluruh indonesia dan bahkan ke manca negara. 

Cara mengkonsumsi sarang semut ini adalah dengan merebus beberapa potongan kecil dan kemudian direbus hingga mendidih, dan ditiriskan untuk dipisahkan antara air dan potongan potongan kecil tanaman obat ini, kemudian diminum. Potongan potongan kecil dari sarang semut dapat disimpan kemudian untuk di masak kembali sampai habis sarinya atau air rebusan tidak berwarna lagi dan diganti dengan irisan atau potongan potongan kecil sarang semut. 

Sedang untuk yang kemasan atau dalam bentuk kapsul dapat langsung diminum dengan air putih atau air teh.


Blog, Updated at: 1:06:00 AM

0 comments:

Post a Comment