Pengaturan Pernapasan pada Serangga

Posted by

Otot - otot perut membantu memompa udara masuk dan keluar tubuh. Saat otot - otot rilek, maka katup spirakel terbuka, sehingga udara dapat masuk ke dalam tabung - tabung pada sistem trakea. lubang spirakel dapat dibayangkan seperti ventilasi rumah, yang ketika dibuka maka udara dari luar akan masuk. 

Udara yang masuk ini akan membawa oksigen, di tepi spirakel terdapat rambut - rambut halus yang berfungsi untuk menyaring udara dan mencegah kehilangan banyak air ketika spirakel dibuka. 

Saat udara telah masuk, katup spirakel akan menutup, udara akan mengalir dari tabung trakea menuju ke tabung-tabung trakeola dan sampai pada jaringan sel - sel tubuh. 

Pada saat ini akan terjadi pertukaran udara. Oksigen akan berdifusi masuk ke dalam sel tubuh, sedang karbondioksida akan berdifusi ke luar dari sel tubuh. Pengikatan oksigen dibantu dengan cairan berwarna biru gelap pada ujung trakea yang menyebabkan daerah ini lembab. 

Karbondioksida dari sel akan mengalir ke trakeola - trakeola-trakea lalu dibuang melalui lubang spirakel yang membuka katupnya. Penutupan katup spirakel ini betujuan untuk memaksimalkan pernapasan, serta pada serangga - serangga air penutupan spirakel akan melindungi dari masuknya air ke dalam tubuh.


Blog, Updated at: 3:46:00 AM

0 comments:

Post a Comment