Barisan Koloni Semut

Posted by

Mengamati semut adalah hal yang cukup mudah dilakukan pada saat senggang di rumah. Dari situ bisa diketahui apa saja perilaku mereka mulai dari yang khas yang sudah dikenal hingga yang aneh dan unik. Apa saja itu ? Ini dia diantaranya :

Berbaris , Semut akan berjalan teratur seperti terdapat jalur khusus yang mereka lewati tetapi tidak terlihat. Sehingga akan seperti berbaris. Untuk menandai jalur tersebut mereka menggunakan zat kimia yang dikenal dengan nama feromon. Jika satu baris tak cukup dapat sampai beberapa baris.

Sambil berjalan juga menyentuh-nyentuhkan antenanya di jalan yang ia lalui, Jika kita putus jalurnya dengan menggosokkan tangan baik kering atau basah mereka akan kebingungan seolah ada penghalang yang tiba-tiba muncul. Tapi tak butuh lama untuk mereka untuk dapat menyambung kembali. Kemungkinan mereka bingung karena jejak bau feromon kelompok mereka hilang dan malah ada bau lain yang tak dikenal.

Semut akan saling mengenali dengan semut lainnya. Dengan mendeteksi bau feromon yang ada diantara mereka. Tampak seperti saling menyapa, Selain saling mengenali biasanya mereka melakukan trofalaksis, yaitu membagikan makanan yang ada di perut sosial yang berupa tempat menyimpan makanan seperti tas atau dompet untuk mereka. Dilakukan melalui mulut ke mulut.

Semut akan mengevakuasi anggota koloninya yang mati, entah dibawa ke mana akan diapakan. Beberapa jenis semut suka menculik atau meembawa rayap hidup atau mati untuk dibawa ke sarang mereka. Jika dua semut beda jenis atau spesies saling bertemu dan bersentuhan maka salah satu atau keduanya biasanya akan saling menjauhi.


Blog, Updated at: 3:04:00 AM

0 comments:

Post a Comment